Politik

Polling Pilihan Bakal Calon Bupati Buleleng 2024-2029, Figur Independen Bersaing Ketat

Sabtu, 02 Maret 2024

Card image

Polling pilihan bakal calon Bupati Buleleng semakin ramai, kini muncul 15 nama bakal calon, bahkan sejumlah usulan nama terus masuk ke Redaksi SingarajaMedia.com dan masih menjadi bahan pertimbangan. Pada awal Maret berdasarkan hasil polling ada 10 nama teratas. (photo : tim)

SINGARAJA, Minggu pertama Maret 2024 bursa polling pilihan bakal calon Bupati Buleleng 2024 yang digagas SingarajaMedia.com dengan total responden 3404, dikejutkan pendatang baru dari kalangan independen, Anak Agung Wiranata Kusuma dan kalangan akademisi, Dr Putu Gede Parma, S.St,Par M.Par.

Sejak pekan lalu, kemunculan A.A. Wiranata Kusuma atas rekomendasi sejumlah tokoh masyarakat dan sebagai perwakilan dari tokoh masyarakat yang berasal dari Puri Buleleng dikenal sebagai anggota bhayangkara dan telah memasuki masa purnabakti dan kini kembali ke masyarakat, bahkan sangat mengejut, Manggala Utama Pasemetonan Trah Tunggal Anglurah Ki Barak Panji Sakti (Trapti) Puri Buleleng langsung berada diurutan kedua dengan meraih 17.22%.

Tokoh Puri Buleleng yang dikenal vokal dengan isu-isu pembangunan di Buleleng dengan konsep membangun skema pembangunan berlandaskan kebutuhan, aspirasi serta kepentingan masyarakat menyalip angka prosentase raihan Ketua Peradi Singaraja Kadek Doni Riana SH MH, dengan raihan prosentase 8.28%.

Posisi Ketua Aliansi Advokat Indonesia Bersatu (AAIB) Provinsi Bali, Doni Riana melorot ke urutan keempat setelah selama sepekan berada di urutan kedua. Posisi KDR tidak saja disalip Generasi XIII Pendiri Kota Singaraja, namun juga disundul seniornya di Peradi Singaraja, Gede Harja Astawa yang merupakan Ketua DPC Partai Gerindra Buleleng dengan raihan 9.40%.

Posisi teratas diawal bulan maret ini masih dipegang ketua DPC BMI Buleleng yang juga Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Buleleng, DR. dr Ketut Putra Sedana Sp. OG., dengan prosentase pilihan 49.35%. Sosok yang akrab disapa Dokter Caput ini, dikenal sebagai komandan organisasi sayap PDI Perjuangan masih mempertahankan angka keunggulan dengan aktivitas sosial dan kemasyarakatan serta keagamaannya.

Meski mendapat raihan meningkat, namun posisi I Gusti Ayu Aries Sujati melorot ke urutan lima dengan meraih prosentase 2.91%, bahkan sosok Srikandi yang tidak lain istri dari Ketua DPC PDI Perjuangan Buleleng Putu Agus Suradnyana telah dilirik sejumlah pihak untuk melaku memeriahkan Pilkada Buleleng mendatang.


Responden yang terus meningkat dari masyarakat juga menempatkan posisi Mantan Wakil Bupati Buleleng berada diurutan ke-7, dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG., dengan raihan 2.44% membayangi akademisi dan tokoh muda Buleleng, DR. I Putu Gede Parma, S.St.Par.,M.Par., bahkan Ketua KNPI Buleleng itu terus meraih dukungan dari para respondennya.

Hasil polling pilihan bakal calon Bupati Buleleng juga menempatkan Ketua Fraksi PDIP DPRD Buleleng, Ketut Ngurah Arya meraih pundi 1.41% diikuti akademisi DR. Ketut Sukawati Lanang Putra Perbawa, SH.,M.Hum., dengan meraih 1.26% dan Ketua DPD Partai Golkar Buleleng diurutan ke 10 dengan meraih 1.09%.

Selanjutnya, pada posisi lima juru kunci masing-masing diraih, Ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna, SH., Supit panggilan akrab yang juga Sekretaris PDIP Buleleng mengumpulkan prosentase dukungan mencapai 0.94%, menyusul supit diurutan ke-12 diraih Bendahara DPD PDIP Bali, Dewa Made Mahayadnya, SH., dengan raihan 0.91%. Selanjutnya disusul Anggota DPRD Bali Drs. Gede Kusuma Putra, Ak.,MBA.,MM., dengan 0.76%, Pj Bupati Buleleng Ir. I Ketut Lihadnyana MMA., dengan raihan 0.73% dan sebagai penutup atau juri kunci  Dewa Nyoman Sukrawan dengan raihan prosentase mencapai 0.56%. (*)

 


Editor: Redaksi

Berita Terkini